Hi Everyone!
Di tulisan kali ini, saya akan menceritakan pengelaman pribadi penulis selama mengikuti mata kuliah MPKT B. Saya ditempatkan di kelas M bersama teman-teman sekelas MPKT A pada semester satu lalu. Di kelas ini, saya sekelas dengan berbagai mahasiswa dari seluruh jurusan dan departemen yang ada di FISIP UI. Di kelas ini, kami diajar oleh dosen kami yaitu Pak Santoso. Beliau berasal dari fakultas yang bermakara biru-hitam, yaitu Fakultas MIPA, Departemen Fisika UI. Beliau merupakan sosok yang sangat penyabar dan baik dalam menghadapi kondisi kelas kami yang sangat "heboh."
![]() |
Pak Santoso |
Pada pertemuan pertama kelas, kami sekelas tidak canggung karena kami telah saling mengenal satu sama lain ketika kami berada di kelas MPKT A.
Kemudian, saya lalu langsung terbagi ke dalam FG (focus group) 2, yang terdiri dari saya, Naya, Bedot, dan Akmel. Disini, saya dan teman-teman diinstruksikan untuk berdiskusi mengenai topik pertama kali dengan metode CL 1 mengenai Sistem Kerja Alam. Kemudian, hal yang membuat kami lumayan kaget, yaitu terdapat tugas LTM berbentuk peta konsep yang deadline-nya setiap hari Minggu setiap minggu nya, hal yang tidak pernah ada ketika kami semester.
Apalagi dengan penerapan SCELE dalam setiap kegiatan pembelajaran yang pada awalnya sangat membingungkan kami. Saya pribadi pun bahkan melakukan banyak searching ke internet bahkan sampai bertanya ke senior-senior saya dikarenakan saya sangat kebingungan dalam menggunakan SCELE pada saat itu.
Honestly, setiap hari Minggu grup line kelas kami sangat "heboh," mengenai pertanyaan bagaimana cara membuat folder di SCELE, mengumpulkan tugas, bahkan beberapa dari mereka tidak tahu cara melihat daftar FG mereka sendiri. Namun, hal tersebut sangat menyenangkan dan lumayan lucu.
![]() |
*ruang kelas MPKT B - M di H502 |
Gambar diatas merupakan ruang kelas yang selalu dipakai kami yaitu ruang H502 yang dipakai setiap hari Rabu, lalu ruang H205 di setiap hari Jumat. Ruangan kelas yang cukup nyaman dan luas mendukung kondisi yang kondusif dalam melaksanakan diskusi menyelesaikan bahan pemicu diskusi.
![]() |
*suasana kelas ketika kegiatan perkuliahan berlangsung |
Metode CL dan PBL yang diaplikasikan secara langsung sangat membentuk peran siswa yang optimal dalam memahami materi yang sedang dipelajari.
![]() |
Home Group saya (HG 3) |
Ketika proses belajar, bukannya kita berdiskusi malah kita mengobrol hal-hal yang tidak penting. Ada suatu momen ketika kita harus membuat borang diskusi, namun kita malah menonton film horror yang diperankan oleh Icha (*FYI, Icha pemain film beneran loh! hehe)
Ketika ada tugas, saya terkadang harus men-japri masing-masing anggota untuk mengumpul tugas mereka, tetapi at the end mereka sangat-sangat kooperatif :)
*foto bersama pada pertemuan terakhir
Pada akhirnya, saya merasa sangat bersyukur bisa mengenyam pendidikan di FISIP UI terutama bisa belajar MPKT-B di kelas M dan diajar oleh dosen Pak Santoso.
Semoga kita semua sukses dalam menempuh kehidupan!
Au Revoir! Goodbye!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar